Jumat, 12 Desember 2014

raspberry

     Rasberry Pi adalah sebuah Mini PC berukuran sebesar Kartu ATM yang dikembangkan pertama kali oleh Raspberry Pi Foundation yang bermarkas di UK. Jenis komputer mini Raspberry Pi diproduksi kedalam dua jenis Board Configuration Tipe A dan B yang diproduksi oleh Newark Element dan Egoman. Kedua perusahaan tersebut menjualnya secara Online.
     Raspberry Pi memiliki System On Chip Broadcom BCM2835 dengan processor ARM1176JZF-S 700 Mhz, VideoCore IV GPU, dengan RAM 256MB hingga 512MB. Selain itu untuk booting dan storage menggunakan SD Card.Dengan Asrsitektur Prosesor yang ada saat ini Mini PC tersebut belum bisa diinstall dengan OS-OS terbaru seperti Windows XP, WIndows 7 ataupun 8, akan tetapi Raspberry Pi dapat diinstall beberapa OS sebagai berikut:
  • Raspbian berbasis Linux Debian
  • Arch Linux ARM
  • Raspbmc
  • OpenELEC
  • Android
  • Ragam Manfaat Raspberry Pi :
    1. Komputer yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan ringan sehari-hari, seperti menonton HD movie, word processing, mendengarkan musik, dan kegiatan lainnya
    2. Bisa dihubungkan dengan aneka macam sensor seperti sensor cahaya, suhu, gerakan, dll
    3. Bisa dibuat Web Server
    4. Bisa dijadikan Server NAS ( Network Attached Storage)
    5. Bisa dikombinasikan bersama Arduino
    6. Download manager
    7. Print Server
    8. Wifi Internet Radio Player
    9. Bisa digunakan menjadi Server untuk hosting website anda, berbasis html, php dan mysql.
    10. Automation
         Selain peruntukan sederhana seperti diatas Raspberry Pi juga dipergunakan untuk keperluan-keperluan yang lebih canggih dan kompleks, seperti peruntukan untuk teknologi persenjataan militer. Salah satu pesawat yang diproduksi oleh Northrop Grumman yang awalnya merupakan bagian dari Defense Advanced Research Projects Agency’s Joint UCAS (J-UCAS) telah menciptakan pesawat tanpa awak atau Unmanned Aircraft dengan jenis pesawat Navy’s X-47B Aircombat System . Pesawat tersebut disipkan Raspberry Pi yang dipergunakan sebagai Controller dan inti dari penggerak pesawat tersebut. Pesawat tersebut secara keseluruhan diterbangkan dengan software Artificial Intelegence yang terpasang didalamnya. Spesifikasi Raspberry yang dipergunakan menggunakan OS Linux dan ARM Cortex Processor Series yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bermarkas di Newport Beach California yang bernama Airware.
         Northrop Grumman mengembangkan software yang membantu pesawat untuk melakukan misi mata-mata ataupun serangan terhadap musuh dengan meminimalisir resiko korban manusia. Dapat melakukan pendaratan secara otomatis tanpa menggunakan Remote Pilot yang umum diimplementasikan pada pesawat tanpa awak.
referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar