Kamis, 30 Oktober 2014

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

     Pada kali ini saya ingin memberitahu mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tetapi sebelum masuk ke dalam intinya saya ingin menjelaskan pengertian dari bahasa itu sendiri.
     Bahasa merupakan ucapan yang berasal dari pikiran dan perasaan manusia yang mengandung makna atau untuk menyampaikan tujuan tertentu.Dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar kita harus tahu terlebih dahulu situasi nya apakah situasi formal seperti saat rapat atau dalam situasi santai. 
    Dalam menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar selain harus melihat situasinya kita juga harus menggunakan kalimat yang baku atau yang sesuai dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan.
    Berikut ini merupakan beberapa contoh Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:

- Sedang apa kamu hari ini ?
- Apa kamu baik-baik saja?
- Hari ini sepertinya akan hujan.

contoh lain misalnya dalam suatu percakapan.

Ana : Din, apakah kamu sudah mengerjakan PR Pak Adi ?
Dina : Aku belum mengerjakan Na. Kamu sudah ?
Ana : Aku juga belum Din,kita kerjakan bersama besok bagaimana?
Dina : Boleh Na , besok kita kerjakan dirumahmu ya..
Ana : Oke deh Din.

     Tetapi kebanyakan orang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam komunikasi sehari-hari dikarenakan lebih 'ribet' dan juga tidak efektif juga sehingga orang-orang lebih sering menggunakan bahasa sehari-hari.

Contoh Fungsi Bahasa sebagai alat komunikasi

      Bahasa sebagai alat komunikasi maksudnya adalah bahasa dijadikan alat untuk berinteraksi antar sesama manusia agar tahu apa yang diinginkan. Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan yang ingin kita sampaikan. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup berkelompok dan membentuk lingkungan pergaulan yang tentunya mereka tinggal di dalamnya, bekerja dan mencari kebutuhan hidup. Dari sinilah bahasa itu berfungsi sebagai alat komunikasi.
    Berikut ini merupakan Contoh dari fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :

Toni : Kamu habis darimana saja rin ?
Rini : Aku sehabis pergi kerumah teman Ton, ada apa memang ?
Toni : Dari tadi aku hubungi kamu Rin. Aku ada perlu sama kamu Rin,
Rini : Memang ada apa Ton ?
Toni : Aku ingin minta antarkan ke rumah sakit Rin.
Rini : Siapa yang sakit Ton?
Toni : Ibuku sedang sakit , kamu antarkan aku sekarang ya?
Rini : Ya ampun , Ayo aku antarkan kamu ke rumah sakit sekarang Ton.
Toni : Terima kasih Rini.
Rini : Sama-sama Ton.

 Percakapan 2 orang tersebut menggunakan kata sederhana sehingga mudah dimengerti.Dan menjadi salah satu contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar