Distro Linux (Singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial.
DEBIAN
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU.Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distro ini menginginkan adanya semangat open-source yang harus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiap waktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get. Apt-get adalah sebuah utilitas baris-perintah yang dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem Debian GNU/Linux melalui apt-repository jaringan archive Debian yang luas. Milis dan forum debian selalu penuh dengan pesan-pesan baik mengenai bug, masalah, sharing, dll. Dengan adanya sistem komunikasi ini bug dan masalah keamanan pada tiap paket dapat dilaporkan oleh para pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.Keuntungan dari Debian adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangannya secara terbuka.
REDHAT
Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux. Dukungan-dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnya para hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan Red Hat berkembang cepat dan digunakan pada perusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager (RPM). RPM adalah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket pada sistem Linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.
UBUNTU
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”, kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas [Perangkat Lunak Bebas] dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas; untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.
Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan. (diambil dari http://www.ubuntu-id.com)
FEDORA
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.
XANDROS
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman. Tetapi, Xandros memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, dll. Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.
Secara singkat Xandros menawarkan kelebihan berikut:
~ Lima langkah instalasi grafis yang mudah
~ Manajemen partisi terintegrasi
~ Tampilan yang familiar
~ Aplikasi berkualitas dari para engineer Xandros
~ Kompatibilitas dengan file format Microsoft
KNOPPIX
Knoppix merupakan distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard-disk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux.
SLACKWARE
Distro ini merupakan distro buatan Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. yang terkenal pertama kali setelah SLS. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix,sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut. Slackware adalah tertua yang masih tegar bertahan di segala jaman. Baru-baru ini merilis generasi barunya Slackware versi 11 diantara gelombang peluncuran distro-distro besar lainnya seperti Mandriva 2007 dan tidak lama lagi Fedora 6.
SUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional .SUSE Linux adalah salah satu distro Linux utama yang dibuat di Jerman. SUSE Linux aslinya merupakan terjemahan dalam bahasa Jerman dari Slackware. Perusahaannya sekarang ini dimiliki oleh Novel, Inc. S.u.S.E adalah singkatan dari kalimat dalam bahasa Jerman “Software- und System-Entwicklung” (“Perangkat lunak dan pengembangan sistem”), tetapi ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E dihubungkan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse.
TURBO LINUX
Turbo Linux merupakan salah satu distro Linux yang diminati oleh perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia. Produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi ini dimanfaatkan untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya: TurboLinux Workstation untuk dekstopnya, TurboLinux Server untuk backend server dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di perusahaan, e-commerce dan transaksi B2B (Business-to-Business).
CentOS
CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).
GENTOO
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm].
Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.
MANDRIVA LINUX / LINUX-MANDRAKE
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
FREESPIRE
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.
PCLINUXOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.
PUPPY LINUX
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.
Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.
DAMN SMALL LINUX
Damn Small Linux(DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.
KULIAX
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.
LYCORIS
Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah “dollar US”.
LINDOWS
Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.
LINARE
Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.
referensi
Selasa, 30 Desember 2014
jenis jenis memory
Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan berbagai subtipe .Memori ini dikategorikan tergantung pada tugasnya masing masing didalam sistem komputer. Namun, dalam artikel ini kita akan bahas bebrapa jenis memori komputer yang paling mendasar.
Memori adalah salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer, baik itu komputer laptop atau PC. Ada berbagai jenis memori komputer yang bisa dipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistim komputer.
Memori berhubungan dengan banyak komponen yang bertugas untuk menyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi atau data di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan apapun yang diperlukan untuk diambil dan diproses.
Ada berbagai jenis memori di komputer yang ditujukan untuk tugas menyimpan dari beberapa macam data. Masing-masing memiliki kapasitas dan ciri khas tertentu.
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori dalam sistem komputer yang berguna untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk. Informasi yang disimpan dalam RAM diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang berhubungan dengan sistem operasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya dipertahankan disaat komputer sedang berjalan. Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akan semakin lambat. Data yang dapat diambil dalam urutan yang acak. Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Ketika banyak program pada komputer yang dijalankan secara bersamaan, virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bagian memori RAM yang belum digunakan terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakan seperti ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untuk menjalankan program yang berbeda.
Read Only Memory (ROM)
ROM adalah Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan atau dimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak dapat dirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogram dengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melaksanakan fungsi normal.
Cache
Cache adalah jenis RAM pada sistem komputer yang lebih responsif daripada RAM biasa. CPU akan memeriksa dulu didalam memori cache sebelum mencari di penyimpanan pada memori pusat untuk menentukan suatu informasi yang diperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari informasi pada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebih cepat.
Hardisk
Hardisk/ Hardrive adalah hardware yang berguna sebagai tempat penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakan memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB.
Flash Disk
Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakan dengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer. Diatas adalah beberapa jenis memori yang secara umum digunakan untuk memfasilitasi komputer dan tempat penyimpanan data. Namun masih banyak subtipe dari jenis jenis memori yang jika diurutkan akan sesuai dengan fungsi dan persyaratan yang dilayani. - referensi
Memori adalah salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer, baik itu komputer laptop atau PC. Ada berbagai jenis memori komputer yang bisa dipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistim komputer.
Memori berhubungan dengan banyak komponen yang bertugas untuk menyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi atau data di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan apapun yang diperlukan untuk diambil dan diproses.
Ada berbagai jenis memori di komputer yang ditujukan untuk tugas menyimpan dari beberapa macam data. Masing-masing memiliki kapasitas dan ciri khas tertentu.
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori dalam sistem komputer yang berguna untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk. Informasi yang disimpan dalam RAM diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang berhubungan dengan sistem operasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya dipertahankan disaat komputer sedang berjalan. Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akan semakin lambat. Data yang dapat diambil dalam urutan yang acak. Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Ketika banyak program pada komputer yang dijalankan secara bersamaan, virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bagian memori RAM yang belum digunakan terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakan seperti ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untuk menjalankan program yang berbeda.
Read Only Memory (ROM)
ROM adalah Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan atau dimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak dapat dirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogram dengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melaksanakan fungsi normal.
Cache
Cache adalah jenis RAM pada sistem komputer yang lebih responsif daripada RAM biasa. CPU akan memeriksa dulu didalam memori cache sebelum mencari di penyimpanan pada memori pusat untuk menentukan suatu informasi yang diperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari informasi pada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebih cepat.
Hardisk
Hardisk/ Hardrive adalah hardware yang berguna sebagai tempat penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakan memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB.
Flash Disk
Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakan dengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer. Diatas adalah beberapa jenis memori yang secara umum digunakan untuk memfasilitasi komputer dan tempat penyimpanan data. Namun masih banyak subtipe dari jenis jenis memori yang jika diurutkan akan sesuai dengan fungsi dan persyaratan yang dilayani. - referensi
transmisi
Tranmisi sinkron,
Pada tranmisi sinkron, data dikirim dalam bentuk berkelompok (blok) dalam kecepatan yang teteptanpa bit awal dan bit ahir. Awalan blok ( start block) dan akhiran blok (stop block) diidentifikasikan dalam bentuk bytes dengan susunan yang spesifik. Clock pada penerima dioprasikan secara kontinyu dan dikunci agar sama dengan clock yang ditrima pengirim.
Untuk mendapatkan keadaan yang sesuai, informasi clock harus dikirimkan lewat jalur yang sama bersama-sama dengan data dan memanfaatkan metode pengkodean tertentu sehingga informasi clock dapat diikutsertakan. Data dikirimkan secar terus menerus tanpa adanya gap atau pembatas. Sedangkan clock dapat ditempatkan di bagian terminal, pada perangkat interface ataupun pada bagian modem.
Pada pengiriman sinkron, data dikirim tanpa gap sehingga diperlukan adanya buffering yang baik pada pengirim dan pe-nerima. Pemakaian bufering tersebut membuat pengiriman sinkron memerlukan biaya implementasi yang lebih mahal tetapi dapat bekerja dengan baik pada laju yang lebih tinggi. Laju pengiriman dapat diubah dengan mengubah clock pengiriman dan kecepatan data pada waktu yang sama.
Saluran-saluran sinkron banyak dimanfaatkan pada host jaringan komputer. Hal itu mengingat throughput yang lebih besar yang diperlukan untuk sejumlah terminal yang dihubung-kan pada bagian CPU.
Veriasi ukuran frame mulai 1500 byte sampai 4096 byte. Dalam komunikasi sinkron, sbh line 56 kbps mampu membawa data sampai 7000 byte per detik. Contoh interface berbasisi transmisi sinkron : Ethernet.
contoh : pengiriman pesan 1600 bit
- Transmisi sinkron >overhead = 100/(1600+100)x100%=5,88%
- Transmisi asinkron > overhead =400/(1600+400)100%=20%
Secara prinsip primary akan selalu kirim log terbaru jika standby terkoneksi. Dan jika terjadi gap karena putus koneksi, akan ada gap resolve oleh fal dan akan request gap log ke promary (terlihat jelas di alert log).
Yang jadi malsah adalah pada beberapa situasi, bisa terjdi archived log yang seharusnya ada tidak tersedia di primary ketika di minta standby.
Akibatnya memang tidak pernah singkron.
Jdi, log selanjutnya walaupun lengkap, jika terjadi missing 1 aja log terdahulu dan belum apply, maka standby tidak bisa singkron selama laog tersebut tidak tersedia (terhapus, coorupt, backup archived log gagal restore).
Kelebihan transmisi sinkron : untuk blok data yg panjang, jauh lebih efesien dibandingkan transmisi asinkron, dan transmisi asinkron memerlukan overhead sebesar 20% atau lebih.
Transmisi Asinkron,
Jika pada transmisi sinkron tidak memiliki bit awalan dan akhitan, maka transmisi tak sinkron memiliki kedua bit tersebut. Pada transmisi ini, informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasikan sebagai awalan blok (star block) dan bit akhiran blok (stop block).
Pengiriman data tak sinkron ini lebih sederhana dibanding-kan dengan pengiriman data sinkron karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan. Clock penerima dibangkitkan secara lokal di dalam penerima dan tetap dijaga agar sesuai dengan clock pengirim. Bit awal dan bit akhir yang dikirimkan tidak membawa informasi tetapi hanya menunjukkan awal dan akhir setiap
karakter. Seperti pada gambar 4.4, terlihat bahwa setiap karakter memiliki panjang 10 bit dengan perincian sebagai berikut:
· 1 bit awalan blok.
· 1 bit akhiran blok.
· 7 bit berisi data.
· 1 bit sebagai paritas (bit ke delapan).
Sistem tak sinkron tidak begitu efisien karena hanya 7 dari 10 bit karakter yang dikirim berisikan informasi sesungguhnya. Sedangkan 3 informasi hanya sebagai pelengkap pengiriman.
Pada aplikasinya, saluran tak sinkron banyak digunakan un-tuk komunikasi terminal-terminal dalam lingkungan rumah (within house}. Kanal seri pada setiap PC menggunakan metode pengiriman tak sinkron untuk menghubungkannya ke printer, modem atau peralatan eksternal lainnya seperti scanner dan lain-lain sehingga dapat dioperasikan sebagai intellegent terminal. Dari sisi biaya, metode tak sinkron juga lebih murah dibanding-kan dengan metode sinkron karena setiap byte yang diterima dibedakan dengan bit awal dan bit akhir sehingga dapat melaku-kan penyesuaian dengan mudah.
Sedangkan kelemahan metode transmisi tak sinkron adalah hanya cocok digunakan untuk laju transmisi yang rendah dengan dua penyebab sebagai berikut:
· Bahwa clock yang beroperasi bebas hanya memenuhi syarat pada laju yang rendah.
· Adanya bit awal dan bit akhir mengurangi efisiensi pengiriman bit sebesar 20 %.
Awal dari suatu karakter ditandai dengan start bit dengan nilai biner 0, bit bit untuk karakter diikuti oleh suatu bit parity, yaitu pada posisi MSB ( Most Significant Bit). Setelah bit parity, dikirimkan stop bit dengan nilai biner 1. Contoh : jika karakter ABC dikirim tanpa bit parity dengan kode ASCII. Maka pola bitnya adalah 01000001100100001101100001111... 1 frame = karakter + start bit + stop bit.
referensi
Pada tranmisi sinkron, data dikirim dalam bentuk berkelompok (blok) dalam kecepatan yang teteptanpa bit awal dan bit ahir. Awalan blok ( start block) dan akhiran blok (stop block) diidentifikasikan dalam bentuk bytes dengan susunan yang spesifik. Clock pada penerima dioprasikan secara kontinyu dan dikunci agar sama dengan clock yang ditrima pengirim.
Untuk mendapatkan keadaan yang sesuai, informasi clock harus dikirimkan lewat jalur yang sama bersama-sama dengan data dan memanfaatkan metode pengkodean tertentu sehingga informasi clock dapat diikutsertakan. Data dikirimkan secar terus menerus tanpa adanya gap atau pembatas. Sedangkan clock dapat ditempatkan di bagian terminal, pada perangkat interface ataupun pada bagian modem.
Pada pengiriman sinkron, data dikirim tanpa gap sehingga diperlukan adanya buffering yang baik pada pengirim dan pe-nerima. Pemakaian bufering tersebut membuat pengiriman sinkron memerlukan biaya implementasi yang lebih mahal tetapi dapat bekerja dengan baik pada laju yang lebih tinggi. Laju pengiriman dapat diubah dengan mengubah clock pengiriman dan kecepatan data pada waktu yang sama.
Saluran-saluran sinkron banyak dimanfaatkan pada host jaringan komputer. Hal itu mengingat throughput yang lebih besar yang diperlukan untuk sejumlah terminal yang dihubung-kan pada bagian CPU.
Veriasi ukuran frame mulai 1500 byte sampai 4096 byte. Dalam komunikasi sinkron, sbh line 56 kbps mampu membawa data sampai 7000 byte per detik. Contoh interface berbasisi transmisi sinkron : Ethernet.
contoh : pengiriman pesan 1600 bit
- Transmisi sinkron >overhead = 100/(1600+100)x100%=5,88%
- Transmisi asinkron > overhead =400/(1600+400)100%=20%
Secara prinsip primary akan selalu kirim log terbaru jika standby terkoneksi. Dan jika terjadi gap karena putus koneksi, akan ada gap resolve oleh fal dan akan request gap log ke promary (terlihat jelas di alert log).
Yang jadi malsah adalah pada beberapa situasi, bisa terjdi archived log yang seharusnya ada tidak tersedia di primary ketika di minta standby.
Akibatnya memang tidak pernah singkron.
Jdi, log selanjutnya walaupun lengkap, jika terjadi missing 1 aja log terdahulu dan belum apply, maka standby tidak bisa singkron selama laog tersebut tidak tersedia (terhapus, coorupt, backup archived log gagal restore).
Kelebihan transmisi sinkron : untuk blok data yg panjang, jauh lebih efesien dibandingkan transmisi asinkron, dan transmisi asinkron memerlukan overhead sebesar 20% atau lebih.
Transmisi Asinkron,
Jika pada transmisi sinkron tidak memiliki bit awalan dan akhitan, maka transmisi tak sinkron memiliki kedua bit tersebut. Pada transmisi ini, informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasikan sebagai awalan blok (star block) dan bit akhiran blok (stop block).
Pengiriman data tak sinkron ini lebih sederhana dibanding-kan dengan pengiriman data sinkron karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan. Clock penerima dibangkitkan secara lokal di dalam penerima dan tetap dijaga agar sesuai dengan clock pengirim. Bit awal dan bit akhir yang dikirimkan tidak membawa informasi tetapi hanya menunjukkan awal dan akhir setiap
karakter. Seperti pada gambar 4.4, terlihat bahwa setiap karakter memiliki panjang 10 bit dengan perincian sebagai berikut:
· 1 bit awalan blok.
· 1 bit akhiran blok.
· 7 bit berisi data.
· 1 bit sebagai paritas (bit ke delapan).
Sistem tak sinkron tidak begitu efisien karena hanya 7 dari 10 bit karakter yang dikirim berisikan informasi sesungguhnya. Sedangkan 3 informasi hanya sebagai pelengkap pengiriman.
Pada aplikasinya, saluran tak sinkron banyak digunakan un-tuk komunikasi terminal-terminal dalam lingkungan rumah (within house}. Kanal seri pada setiap PC menggunakan metode pengiriman tak sinkron untuk menghubungkannya ke printer, modem atau peralatan eksternal lainnya seperti scanner dan lain-lain sehingga dapat dioperasikan sebagai intellegent terminal. Dari sisi biaya, metode tak sinkron juga lebih murah dibanding-kan dengan metode sinkron karena setiap byte yang diterima dibedakan dengan bit awal dan bit akhir sehingga dapat melaku-kan penyesuaian dengan mudah.
Sedangkan kelemahan metode transmisi tak sinkron adalah hanya cocok digunakan untuk laju transmisi yang rendah dengan dua penyebab sebagai berikut:
· Bahwa clock yang beroperasi bebas hanya memenuhi syarat pada laju yang rendah.
· Adanya bit awal dan bit akhir mengurangi efisiensi pengiriman bit sebesar 20 %.
Awal dari suatu karakter ditandai dengan start bit dengan nilai biner 0, bit bit untuk karakter diikuti oleh suatu bit parity, yaitu pada posisi MSB ( Most Significant Bit). Setelah bit parity, dikirimkan stop bit dengan nilai biner 1. Contoh : jika karakter ABC dikirim tanpa bit parity dengan kode ASCII. Maka pola bitnya adalah 01000001100100001101100001111... 1 frame = karakter + start bit + stop bit.
referensi
Picoblaze
Microblaze adalah 32-bit soft-core prosesor yang didesain khusus untuk di implementasikan pada produk-produk FPGA Xilinx. Disebut soft-core karena prosesor ini didesain mengunakan rangkaian logika (baik menggunakan skematik maupun VHDL) sehingga arsitektur soft-core prosesor bersifat reconfigurable atau bisa dikonfigurasi ulang sesuai dengan kemauan desainer. Microblaze sendiri memiliki arsitektur 32-bit RISC. Seri 8-bit nya dikenal dengan istilah Picoblaze.
Untuk memudahkan pemahaman bagi anda yang pemula, pada level implementasi kita bisa membayangkan microblaze ini sebagai sebuah prosesor 32-bit dengan arsitektur RISC yang sudah fixed dan tidak bisa di utak ati layaknya sebuah IC mikroprosesor yang kita beli di pasaran. Jadi seadainya pun anda cukup mahir untuk mengutak atik atau memodifikasi arsitektur microblaze pada level VHDL maka soft-core prosesor hasil modifikasi anda tersebut bisa jadi sudah harus disebut dengan nama yang lain selain microblaze (misalnya agusblaze) meskipun modifikasinya merupakan hasil turunan dari arsitektur microblaze. Oleh karena itu microblaze yang dimaksud dalam tulisan ini adalah mengacu pada soft-core prosesor yang asli atau standard seperti yang dirilis oleh Xilinx.
Oleh karena microblaze hanyalah sebuah prosesor, maka microblaze tidak bisa bekerja sendiri. Tanpa peripheral pendukung seperti memori, IO, dan peripheral lainya, microblaze tidak ada fungsinya. Contoh arsitektur sistem yang menggunakan microblaze seperti terlihat pada gambar diatas. Jadi dalam perancangan sistem digital, menggunakan microblaze pada dasarnya seperti merancang mikrokontroler dengan fitur dan spesifikasi sendiri. Menggunakan microblaze memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan menggunakan IC mikrokontroller yaitu :
Rangkaian digital yang dibangun berbasis microblaze pada dasarnya adalah reconfigurable sehingga kita dapat melakukan modifikasi rangkaian kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Performance sistem dapat kita optimalkan sesuai dengan target kebutuhan karena kita memiliki keleluasaan penuh untuk mengatur fitur-fitur dan peripheral yang kita gunakan.
Memungkinkan aplikasi multi-prosesor dalam sebuah chip (Multi-processor on Chip), yaitu menanamkan lebih dari satu prosesor dalam sebuah IC, untuk meningkatkan performance khususnya execution time.
Kita juga dapat dengan mudah mengkolaborasi rangkaian digital buatan kita sendiri (full-custom) dengan microblaze. Hal ini sangat membantu meringankan beban kerja microblaze karena untuk fungsi-fungsi tertentu dapat didelegasikan dan dikerjakan oleh rangkaian lain diluar microblaze sehingga pada akhirnya akan meningkatkan unjuk kerja/performance sistem secara keseluruhan. Contohnya adalah aplikasi co-processor floating point unit untuk mendukung operasi aritmatika data-data yang bertipe floating point. Rangkaian co-processor ini dapat kita desain dalam rangkaian logika tersendiri kemudian dibuatkan mapping memori sehingga dapat diakses oleh prosesor secara langsung.
Meskipun dari beberapa hal microblaze memberikan keuntungan dibandingkan dengan mikrokontroler seperti disebutkan diatas, namun tetap saja ada sisi kelemahanya. Kelemahan ini lebih cenderung pada teknis sebagai berikut:
Dalam proses desain sistem digital berbasis microblaze diperlukan 2 tahapan besar yaitu
a) konfigurasi hardware dan
b) perancangan software.
Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah mengkonfigurasi hardware, yaitu menspesifikasikan peripheral-peripheral yang kita butuhkan, misalnya sistem kita memerlukan 1 buah microblaze, 32 KB memory on chip, 1 UART, 1 SPI, 2 timer dll. Setelah peripheral-peripheral tersebut didefinisikan selanjutnya kita mengkonfigurasi hardware sesuai dengan yang telah dispesifikasi, langkah ini sering disebut dengan proses synthesizing. Hasil sintesis ini bisa kita umpamakan berupa sebuah mikrokontroler dengan fitur-fitur yang telah kita buat fixed sesuai spesifikasi diatas. Tahap kedua setelah konfigurasi hardware selesai (sudah terbentuk sebuah mikrokontroler) adalah menuliskan program yang kemudian akan kita kompile dan selanjutnya kita download kedalam mikrokontroler tersebut. Oleh karena kita melakukan dua tahapan besar seperti diatas tentu kita menghabiskan waktu lebih lama pada saat merancang sistem menggunakan microblaze dibandingkan dengan menggunakan mikrokontroler langsung.
Mempelajari microblaze beserta implementasinya membutuhkan pengetahuan yang jauh lebih mendalam dibandingkan belajar mikrokontroler, karena untuk merancang sistem berbasis microblaze kita perlu memahami arsitektur dan cara kerja mikroprosesor, bagaimana mapping memory, pengalamatan I/O dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut perlu dipahami dengan baik karena software yang kita buat untuk ditanam kedalam sistem microblaze kita harus cocok dan sesuai dengan arsitektur sistem keseluruhan. Contoh misalnya peripheral UART saat ini ditempatkan di alamat A, tetapi di kemudian hari kita mengkonfigurasi ulang arsitekturnya menjadi di alamat B, maka otomatis software yang pernah kita buat harus disesuaikan yaitu dengan mengganti alamat peripheral UART dari alamat A menjadi alamat B. Jika software tidak disesuaikan maka tentu saja akan mengakibatkan sistem tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Dalam proses produksi, implementasi rangkaian digital dengan FPGA, termasuk aplikasi microblaze lebih cocok dilakukan pada tahap prototyping sebuah produk. Setelah rangkaian digital selesai di uji dan di evaluasi baru tahap selanjutnya desain tersebut dapat di produksi secara masal dalam bentuk kemasan sebuah IC. Proses prototyping menggunakan FPGA ini sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat dan mempermudah desain dan evaluasi, karena desain masih memungkinkan di modifikasi atau di konfigurasi ulang sesuai keperluan untuk penyempurnaan.
referensi
Untuk memudahkan pemahaman bagi anda yang pemula, pada level implementasi kita bisa membayangkan microblaze ini sebagai sebuah prosesor 32-bit dengan arsitektur RISC yang sudah fixed dan tidak bisa di utak ati layaknya sebuah IC mikroprosesor yang kita beli di pasaran. Jadi seadainya pun anda cukup mahir untuk mengutak atik atau memodifikasi arsitektur microblaze pada level VHDL maka soft-core prosesor hasil modifikasi anda tersebut bisa jadi sudah harus disebut dengan nama yang lain selain microblaze (misalnya agusblaze) meskipun modifikasinya merupakan hasil turunan dari arsitektur microblaze. Oleh karena itu microblaze yang dimaksud dalam tulisan ini adalah mengacu pada soft-core prosesor yang asli atau standard seperti yang dirilis oleh Xilinx.
Oleh karena microblaze hanyalah sebuah prosesor, maka microblaze tidak bisa bekerja sendiri. Tanpa peripheral pendukung seperti memori, IO, dan peripheral lainya, microblaze tidak ada fungsinya. Contoh arsitektur sistem yang menggunakan microblaze seperti terlihat pada gambar diatas. Jadi dalam perancangan sistem digital, menggunakan microblaze pada dasarnya seperti merancang mikrokontroler dengan fitur dan spesifikasi sendiri. Menggunakan microblaze memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan menggunakan IC mikrokontroller yaitu :
Rangkaian digital yang dibangun berbasis microblaze pada dasarnya adalah reconfigurable sehingga kita dapat melakukan modifikasi rangkaian kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Performance sistem dapat kita optimalkan sesuai dengan target kebutuhan karena kita memiliki keleluasaan penuh untuk mengatur fitur-fitur dan peripheral yang kita gunakan.
Memungkinkan aplikasi multi-prosesor dalam sebuah chip (Multi-processor on Chip), yaitu menanamkan lebih dari satu prosesor dalam sebuah IC, untuk meningkatkan performance khususnya execution time.
Kita juga dapat dengan mudah mengkolaborasi rangkaian digital buatan kita sendiri (full-custom) dengan microblaze. Hal ini sangat membantu meringankan beban kerja microblaze karena untuk fungsi-fungsi tertentu dapat didelegasikan dan dikerjakan oleh rangkaian lain diluar microblaze sehingga pada akhirnya akan meningkatkan unjuk kerja/performance sistem secara keseluruhan. Contohnya adalah aplikasi co-processor floating point unit untuk mendukung operasi aritmatika data-data yang bertipe floating point. Rangkaian co-processor ini dapat kita desain dalam rangkaian logika tersendiri kemudian dibuatkan mapping memori sehingga dapat diakses oleh prosesor secara langsung.
Meskipun dari beberapa hal microblaze memberikan keuntungan dibandingkan dengan mikrokontroler seperti disebutkan diatas, namun tetap saja ada sisi kelemahanya. Kelemahan ini lebih cenderung pada teknis sebagai berikut:
Dalam proses desain sistem digital berbasis microblaze diperlukan 2 tahapan besar yaitu
a) konfigurasi hardware dan
b) perancangan software.
Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah mengkonfigurasi hardware, yaitu menspesifikasikan peripheral-peripheral yang kita butuhkan, misalnya sistem kita memerlukan 1 buah microblaze, 32 KB memory on chip, 1 UART, 1 SPI, 2 timer dll. Setelah peripheral-peripheral tersebut didefinisikan selanjutnya kita mengkonfigurasi hardware sesuai dengan yang telah dispesifikasi, langkah ini sering disebut dengan proses synthesizing. Hasil sintesis ini bisa kita umpamakan berupa sebuah mikrokontroler dengan fitur-fitur yang telah kita buat fixed sesuai spesifikasi diatas. Tahap kedua setelah konfigurasi hardware selesai (sudah terbentuk sebuah mikrokontroler) adalah menuliskan program yang kemudian akan kita kompile dan selanjutnya kita download kedalam mikrokontroler tersebut. Oleh karena kita melakukan dua tahapan besar seperti diatas tentu kita menghabiskan waktu lebih lama pada saat merancang sistem menggunakan microblaze dibandingkan dengan menggunakan mikrokontroler langsung.
Mempelajari microblaze beserta implementasinya membutuhkan pengetahuan yang jauh lebih mendalam dibandingkan belajar mikrokontroler, karena untuk merancang sistem berbasis microblaze kita perlu memahami arsitektur dan cara kerja mikroprosesor, bagaimana mapping memory, pengalamatan I/O dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut perlu dipahami dengan baik karena software yang kita buat untuk ditanam kedalam sistem microblaze kita harus cocok dan sesuai dengan arsitektur sistem keseluruhan. Contoh misalnya peripheral UART saat ini ditempatkan di alamat A, tetapi di kemudian hari kita mengkonfigurasi ulang arsitekturnya menjadi di alamat B, maka otomatis software yang pernah kita buat harus disesuaikan yaitu dengan mengganti alamat peripheral UART dari alamat A menjadi alamat B. Jika software tidak disesuaikan maka tentu saja akan mengakibatkan sistem tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Dalam proses produksi, implementasi rangkaian digital dengan FPGA, termasuk aplikasi microblaze lebih cocok dilakukan pada tahap prototyping sebuah produk. Setelah rangkaian digital selesai di uji dan di evaluasi baru tahap selanjutnya desain tersebut dapat di produksi secara masal dalam bentuk kemasan sebuah IC. Proses prototyping menggunakan FPGA ini sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat dan mempermudah desain dan evaluasi, karena desain masih memungkinkan di modifikasi atau di konfigurasi ulang sesuai keperluan untuk penyempurnaan.
referensi
VGA
VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Fungsi VGA
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
Jenis Jenis VGA
Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit
Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s
Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.
referensi
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Fungsi VGA
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
Jenis Jenis VGA
Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit
Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s
Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.
referensi
Tugas 4 Bahasa Indonesia Kalimat efektif dan tidak efektif
Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif
Pengertian kalimat efektif: adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.
Ciri-ciri kalimat efektif:
Kesepadanan
Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Di dalam kalimat efektif harus memiliki keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa.
Contoh:
Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)
Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)
2. Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata
Dalam membuat kalimat efektif jangan sampai menjadi kalimat yang ambigu (menimbulkan tafsiran ganda)
Contoh:
Mahasiswi perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah (tidak efektif)
Mahasiswi yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. (efektif)
3.Kehematan
Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata, frasa atau bentuk lain yang di anggap tidak perlu, tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
Contoh:
Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. (tidak efektif)
Karena tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)
4. Kelogisan
Bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.
Contoh:
Untuk mempersingkat waktu, kami teruskan acara ini. (tidak efektif)
Untuk menghemat waktu, kami teruskan acara ini. (efektif)
5.Kesatuan atau Kepaduan
Maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu, sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah.
Contoh:
Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (tidak efektif)
Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (efektif)
6. Keparalelan atau Kesejajaran
Adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu.
TUGAS:
Ubahlah kalimat berikut ini menjadi kalimat efektif
1. Kepada semua informan penelitian mendapatkan dua macam
instrument yaitu angket dan catatan kegiatan. (tidak efektif)
Semua informan penelitian mendapatkan dua macam instrument yaitu angket dan catatan kegiatan. (efektif)
2. Di dalam artikel Koran itu menyuratkan bahwa sumber daya alam
yang bermacam-macam di Indonesia ini belum dimanfaatkan secara
maksimal. (tidak efektif)
Di dalam artikel Koran menyuratkan bahwa sumber daya alam yang bermacam-macam di Indonesia ini belum dimanfaatkan secara maksimal. (efektif)
3. Dengan beredarnya internet masuk desa bermanfaat sekali bagi
masyarakat pedesaan. (tidak efektif)
Dengan beredarnya internet masuk desa bermanfaat bagi masyarakat pedesaan. (efektif)
Pengertian kalimat efektif: adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.
Ciri-ciri kalimat efektif:
Kesepadanan
Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Di dalam kalimat efektif harus memiliki keseimbangan dalam pemakaian struktur bahasa.
Contoh:
Amara pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar. (tidak efektif)
Amara pergi ke sekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar. (efektif)
2. Kecermatan dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata
Dalam membuat kalimat efektif jangan sampai menjadi kalimat yang ambigu (menimbulkan tafsiran ganda)
Contoh:
Mahasiswi perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah (tidak efektif)
Mahasiswi yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. (efektif)
3.Kehematan
Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata, frasa atau bentuk lain yang di anggap tidak perlu, tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
Contoh:
Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama belajar di rumahku. (tidak efektif)
Karena tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)
4. Kelogisan
Bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.
Contoh:
Untuk mempersingkat waktu, kami teruskan acara ini. (tidak efektif)
Untuk menghemat waktu, kami teruskan acara ini. (efektif)
5.Kesatuan atau Kepaduan
Maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu, sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah.
Contoh:
Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian kita orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu. (tidak efektif)
Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan. (efektif)
6. Keparalelan atau Kesejajaran
Adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu.
TUGAS:
Ubahlah kalimat berikut ini menjadi kalimat efektif
1. Kepada semua informan penelitian mendapatkan dua macam
instrument yaitu angket dan catatan kegiatan. (tidak efektif)
Semua informan penelitian mendapatkan dua macam instrument yaitu angket dan catatan kegiatan. (efektif)
2. Di dalam artikel Koran itu menyuratkan bahwa sumber daya alam
yang bermacam-macam di Indonesia ini belum dimanfaatkan secara
maksimal. (tidak efektif)
Di dalam artikel Koran menyuratkan bahwa sumber daya alam yang bermacam-macam di Indonesia ini belum dimanfaatkan secara maksimal. (efektif)
3. Dengan beredarnya internet masuk desa bermanfaat sekali bagi
masyarakat pedesaan. (tidak efektif)
Dengan beredarnya internet masuk desa bermanfaat bagi masyarakat pedesaan. (efektif)
Jumat, 12 Desember 2014
Perbedaan LCD dengan LED
LCD vs LED. TV LCD adalah televisi layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Jenis ini memiliki dua lapisan kaca yang terpolarisasi dan saling menempel. Cairan kristal terletak di salah satu lapisan. Kristal-kristal cair berfungsi melewatkan atau memblokir cahaya, agar menghasilkan gambar pada layar saat arus listrik melewatinya.Namun, kristal tersebut tidak menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya berasal dari serangkaian lampu neon di belakang layar. Dengan bantuan lampu neon (sebagai back light), gambar yang dibuat oleh kristal menjadi terlihat.
Monitor LCD menghasilkan kualitas gambar yang tinggi. TV LCD dapat dibuat sangat tipis, yang membuatnya hemat ruangan, dan pengguna dapat leluasa menempatkannya dimana saja bahkan dengan cara menmpelkan di tembok. Hal ini membuat LCD menarik bagi pembeli.
LED sebenarnya sangat mirip LCD bahkan cara kerjanya juga tidak jauh berbeda. LED juga memiliki layar datar tipis yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Satu-satunya perbedaan adalah sumber cahaya, yang berada di belakang layar. TV LCD menggunakan lampu neon, dan TV LED menggunakan LED (Light Emitting Dioda).
Ada dua jenis pencahayaan LED. Yang pertama disebut sebagai pencahayaan Edge, dan yang lainnya disebut pencahayaan Full-Array. Dengan pencahayaan Edge, rangkaian dioda diatur sepanjang tepi luar layar. Ketika ada arus listrik, cahaya didistribusikan di layar. Sedangkan untuk pencahayaan Full-Array, ada beberapa baris dari dioda di belakang seluruh permukaan layar. Dioda sumber cahaya ini memberikan lebih banyak kontrol atas kecerahan dan peredupan, karena dioda dapat dihidupkan dan dimatikan secara independen.
Dengan kata lain LED adalah LCD dengan sistem backlight baru yang lebih maju. LED dikembangkan, karena memberi keseimbangan lebih dalam saturasi warna, dan menggunakan daya lebih sedikit dibanding lampu neon yang digunakan pada layar LCD. Namun LED TV saat ini lebih mahal dari LCD TV.
Ringkasan:
1. Penciptaan gambar dan warna pada LED masih menggunakan teknologi yang sama denga LCD.
2. TV LED hanya dianggap sebagai TV LCD versi baru, karena sistem backlight baru yang digunakan.
3. TV LED menggunakan Light Emitting Dioda, sedangkan standar LCD TV menggunakan lampu neon sebagai lampu latar (backlight).
4. Layar LED mengkonsumsi daya 50-70% lebih rendah daripada LCD
5. Backlight LED jauh lebih awet daripada LCD
6. Ukuran layar LED bisa lebih tipis
7. Keseimbangan dan saturasi warna layar LED lebih baik
8. Harga monitor atau televisi LED masih lebih mahal daripada LCD
Langganan:
Postingan (Atom)